WARUNG MOBIL: “STUDI ANTROPOLOGI EKONOMI TERHADAP PEDAGANG DI KOTA PALU”
Abstrak
Abstract
The main problem in this study is to describe and explain the reasons for traders using cars in selling and the economic behavior of traders who use cars in Palu City. The research method used in this study is qualitative research, the location I took was in the city of Palu using data collection techniques, namely library research, field research including in-depth interview observations and documentation. the research subjects totaled 4 people where this research can be interpreted as research that produces descriptive data regarding spoken and written words and behavior that can be observed from the people being studied. The results of this study indicate that traders sell using cars, namely, 1) it makes it easier to open a business, in this case car-user traders feel the comfort of being able to support their car stall business to continue to survive. Facilitating the sales process, namely due to the convenience that they feel is the ease of trading using a car, such as mobilizing to places that are crowded with visitors. 2) does not require large business capital, namely a small capital expenditure is the reason for selling using a car. business profits using a car due to their income. 3) easy to attract consumers. This is because many customers are interested in businesses that use cars to sell. In addition to the economic behavior of car-using traders, it can be seen from the preparation before trading, namely in their daily sales. As long as selling using a car can form independence for each car user trader. Activity process This can be seen in their daily activities before making a sale as well as the problems and obstacles that can be solved while they are selling by car.
Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan alasan pedagang menggunakan mobil dalam berjualan serta Perilaku ekonomi para pedagang pengguna mobil di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, lokasi yang saya ambil itu berada di kota palu dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan,penelitian lapangan di antaranya observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. subjek penelitian berjumlah 4 orang yang di mana penelitian ini dapat diartikan sebagai penelitian yang menghasilkan data deskriptif mengenai kata-kata lisan maupun tulisan dan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang yang di teliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pedagang berjualan menggunakan mobil yaitu, 1) mempermudah membuka usaha, dalam hal ini para pedagang pengguna mobil merasakan kenyamanan tersendiri yang dapat menunjang usaha warung mobil mereka terus bertahan. Mempermudah proses penjualan yaitu disebabkan adanya kemudahan yang mereka rasakan kemudahan dalam berdagang menggunakan mobil seperti melakukan mobilisasi ke tempat-tempat yang ramai pengunjung. 2) tidak membutuhkan modal usaha yang besar yaitu pengeluaran modal yang sedikit menjadi alasan dalam berjualan menggunakan mobil. keuntungan usaha menggunakan mobil dikarenakan penghasilan yang mereka. 3) mudah menarik konsumen. Hal ini disebabkan oleh banyak pelanggan yang tertarik dengan usaha yang menggunakan mobil dalam berjualan. Selain pada perilaku ekonomi pedagang pengguna mobil dapat dilihat dari persiapan sebelum berdagang yaitu pada keseharian mereka dalam berjualan. Selama berjualan menggunakan mobil dapat membentuk kemandirian pada masing-masing pedagang pengguna mobil. Proses kegiatan Hal ini dapat dilihat pada kegiatan keseharian seelum melakukan penjualan serta masalah dan kendala yang dapa terpecahkan selama mereka berjualan menggunakan mobil.
Referensi
Nash Dalam Cook (1970) Pengantar Antropologi Ekonomi.
Octaviani, S. L., & Puspitasari, A. Y. (2022). Studi Literatur : Penataan Dan Pemberdayaan Sektor Informal: Pedagang Kaki Lima. Jurnal Kajian Ruang. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19991
Popy, Syamsumarlin, L. O. A. (2019). Eksistensi Pedagang Ekonomi Kreatif Warung Mobil (Studi Tentang Antropologi Ekonomi di Kecamatan Baruga Kota Kendari). ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial Dan Budaya.
Sjafri Sairin. 2002 “Pengantar Antropologi Ekonomi” Pustaka Belajar. Yogyakarta
Sukmadinata. (2009). Metode Pendidikan. Remaja Ros`dakarya.
Tohir, H. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja pada Usaha Makanan dan Minuman (Studi Kasus Warung Mobil di Kota Makassar). In Skripsi.
Zuharmoon, M. F., & Ikhwan, I. (2021). Warung Mobil: Studi Tentang Pedagang Pengguna Warung Mobil di Kota Padang. Jurnal Perspektif. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i4.514
Hak Cipta (c) 2023 Chikita Yulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.