PENGARUH PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NISA KITA SINGGANI MAKU
Abstrak
Abstract
the gross motor skills of children in group B of An-Nisa Kita Singgani Maku Kindergarten. This research method is quantitative and the type is experimental. The subjects were 20 children consisting of 13 boys and 7 girls. Data collection techniques are carried out through observation, documentation, interviews. Data processing was carried out using percentage and t-test techniques. Based on the results of the recapitulation of children's gross motor skills before being given treatment in the form of throwing and catching ball games, there were no children in the BSB category, there were 13.3% in the BSH category, 56.7% in the MB category, and 30% in the BB category. After being given treatment, the results for the BSB category were 16.7%, the BSH category was 48.3%, the MB category was 35%, and there were no children in the BB category. Next, data calculations were carried out using the t-test technique. According to the results of the t test calculation data, it can be explained that the calculated t value is -7.429 with a significance of 0.000. because the significance is <0.05, it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence of the ball throwing game on the gross motor skills of children in Group B at An-Nisa Kita Singgani Maku Kindergarten, Sigi Regency.
Keywords: Gross motor skills, throwing and catching ball games, early childhood
Abstrak
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh permainan lempar tangkap bola terhadap kemampuan motorik kasar anak di kelompok B TK An-Nisa Kita Singgani Maku. Metode penelitian ini kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 20 anak terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi kemampuan motorik kasar anak sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan permainan lempar tangkap bola, tidak terdapat anak dalam kategori BSB, ada 13,3% dalam kategori BSH, ada 56,7% dalam kategori MB, dan ada 30% dalam kategori BB. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil kategori BSB ada 16,7%, kategori BSH ada 48,3%, kategori MB ada 35%, dan tidak terdapat anak yang masuk kategori BB. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil data perhitungan uji t, dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -7.429 dengan signifikansi 0.000. karena signifikannya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh permainan lempar tangkap bola terhadap kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B di TK An-Nisa Kita Singgani Maku Kabupaten Sigi.
Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Lempar Tangkap Bola, Anak Usia Dini
Hak Cipta (c) 2023 Siti Rahma, Didik Purwanto, Hesti Putri Setianingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.