PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK SAMPOROA DWP KOTA PALU
Abstrak
Abstract
This article examines the social emotional problem of children who have not developed according to expectations. In an effort to resolve this problem, research was carried out to determine the effect of implementing the traditional game of hide and seek on the social emotional development of children in group B of the Samporoa Kindergarten DWP, Palu City. The method used is quantitative and experimental research type. The subjects were 12 children consisting of 5 boys and 7 girls enrolled in the 2022/2023 school year. Data collection techniques include observation, interviews and documentation, then the data is analyzed quantitatively. Observation results before treatment on the interaction aspect were (0%) in the BSB category, (25%) in the BSH category, (42%) in the MB category and (33%) in the BB category. Responsible aspects (0%) in the BSB category, (8%) in the BSH category, (67%) in the MB category and (25%) in the BB category. Aspects of protecting the environment (0%) in the BSB category, (8%) in the BSH category, (42%) in the MB category and (50%) in the BB category. The results of observations after being given treatment in the interaction aspect were (33%) in the BSB category, (42%) in the BSH category, (50%) in the MB category and (0%) in the BB category. Responsible aspects (17%) in the BSB category, (25%) in the BSH category, (50%) in the MB category and (8%) in the BB category. Aspects of protecting the environment (8%) in the BSB category, (25%) in the BSH category, (50%) in the MB category and (17%) in the BB category. If we look at the t value, it can be explained that the calculated t is -6.268 with a significance level of 0.000. Because the significance is <0.05, it can be concluded that ho is rejected and h1 is accepted, meaning that there is an influence of the application of the traditional game of hide and seek on the social emotional development of children in group B of the Samporoa DWP Kindergarten, Palu City.
Keywords: Traditional game of hide and seek, social emotional development
Abstrak
Artikel ini mengkaji tentang masalah sosial emosional anak belum berkembang sesuai harapan upaya menyelesaikan masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional petak umpet terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyek berjumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sebelum diberikan perlakuan pada aspek berinteraksi (0%) dalam kategori BSB, (25%) kategori BSH, (42%) kategori MB dan (33%) kategori BB. Aspek bertanggung jawab (0%) dalam kategori BSB, (8%) kategori BSH, (67%) kategori MB dan (25%) kategori BB. Aspek menjaga lingkungan (0%) dalam kategori BSB, (8%) kategori BSH, (42%) kategori MB dan (50%) kategori BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek berinteraksi (33%) dalam kategori BSB, (42%) kategori BSH, (50%) kategori MB dan (0%) kategori BB. Aspek bertanggung jawab (17%) dalam kategori BSB, (25%) kategori BSH, (50%) kategori MB dan (8%) kategori BB. Aspek menjaga lingkungan (8%) dalam kategori BSB, (25%) kategori BSH, (50%) kategori MB dan (17%) kategori BB. Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa t hitung sebesar -6.268 dengan taraf signifikan 0,000. Karena signifikasi <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ho ditolak dan h1 diterima, berarti terdapat pengaruh penerapan permainan tradisional petak umpet terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu.
Kata Kunci: Permainan tradisional petak umpet, perkembangan sosial emosional
Referensi
Achroni, Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. (Jogjakarta: Javalitera).
Andarbeni, S, L. (2013). Stidi Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A dalam Kegiatan Metode Proyek Di TK Plus Al-Falah Punggung Mojokerto. Jurnal BK Unnesa. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2013. Universitas Negeri Surabaya.
Fadilah dan Lilif. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Hidayati, N. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan di Sdn 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 78-87
Juwita Rika, Munajat. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1-12.
Lucisano, dkk. (2013). Skills and Social Interaction of Children with Down’s Syndrome in Regular Education. Jurnal International Medical Review On Down’s Syndrome. Rev Med Int Sindr Down, 2013;17(2):29-34.
Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Cetakan pertama. Yogyakarta: DIVA Press.
Peraturan Mentri Pendidikan dan budaya Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini
Rosalia & Mas’udah, M.U. (2015). Pengaruh permainan petak umpet terhadap kemampuan sosial emosional anak. PAUD Teratai, 4(2).
Sawitri, L. D. (2018). Kepuasan Pelanggan Terhadap Administrasi Lingkungan Ditinjau Dari Kebersihan Pasar Tradisional di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 1(2), 135.
Sugiyono, (2015) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hak Cipta (c) 2023 Ulfa Dwiyanti, Andi Agusniati, Amrullah .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.